Sunday 9 May 2010

Pintar atau Baik???

Melihat berita akhir2 ini, di tv, internet, forum, dan lain2nya membuat gw jadi semakin bingung. Gimana gw ga bingung??? Yang dipermasalahkan adalah keputusan Ibu Menteri Keuangan kita yang mengundurkan diri dari jabatannya karena dapat taawaran dari Bank Dunia.

Sebenernya apa ngaruhnya sih sama kehidupan gw yg fana ini???

Secara langsung mungkin ga ada pengruhnya buat gw. Tapi mungkin ada buat orang2 yang berkepentingan..... (kepentingan apa kek yg menurut mereka penting)

Trus kalo ga ada ngaruhnya sama gw, kenapa sih mesti gw pikirin??? Ya gapapa, gw coba2 aja pikirin, daripada otak gw ga kepake kan??? hwehehehehe.....


Gw jadi inget sama kejadian yang terjadi sama gw waktu masih sekolah dulu. Kejadiannya pas gw kelas 2 sma kalo ga salah. Gw lupa juga, soalnya udah lama.

Jadi waktu itu, di sekolah guru2 pada mau rapat jadinya murid dipulangkan ke rumah lebih cepat dari biasanya. Kalo udah kaya gitu, gw dan beberapa teman memutuskan buat ga langsung pulang ke rumah. Kemana dulu kek, maen2 dulu kita. Dan akhirnya gw dan temen2 memutuskan untuk pergi maen ps ke rental. (biasa, ngadu WE... hwehehehehe....)

Udah selese maen ps, kita2 juga ga langsung pengen pulang. Nongkrong lagi, lagi-lagi nongkrong. Pas lagi nongkrong di warung pinggir jalan sambil menyantap Siomay (kalo ga salah), abang warungnya sempet tanya2 sama kita gitu. "Kok ga sekolah dek?", tanya si abang. Mungkin karena waktu itu masih sekitar jam 11an (belum jamnya pulang sekolah anak sma dan kita2 masih pada pake seragam), dia kira gw n temen2 pada bolos. "Di sekola guru2 pada rapat bang, jadinya anak2 pada dipulangin semua", kata salah satu temen gw ngasi penjelasan. "Ooh, abang kira lo pada bolos. Abang males banget liat anak sekolah jaman sekarang boy, bolos mulu kerjaannya. Gatau apa kalo sekolah itu pake duit? Orangtua pada cape2 kerja nyari duit buat bayar sekolah mereka, eh dianya malah bolos.", kira2 gitu deh kata2 si abang waktu itu. Trus si abang lanjutin ceritanya tentang kemalesannya dia ngeliat anak2 sekolah pada suka bolos. Dia sempet bilang juga kalo beberapa hari yang lalu ada juga anak2 sekolah yang bolos trus nongkrong juga diwarungnya, ketemu ma anak sekolah laen, trus akhirnya ribut di depan warungnya dia. Nyaris aja tu warung ancur katanya. Lanjut trus deh cerita sama si abang sampe kita2 pada lupa waktu, n tau2nya udah azan zuhur aja.


Kira2 abis dengerin ajan, kita2 rencananya mau udahan nongkrongnya, trus kita2 pada balik. Waktu lg siap2, tau2 ada cewe triak karena digangguin ma orang, yang kayanya sih orang gila tu. Dandanannya kumel banget kaya gembel gitu. Karena teriaknya tiba2 (ya iyalah...), kita2 juga jd pada kaget. Selaen karna itu mbak2 yg digodain lumayan manis imut2 gt orangnya, tingkah itu bapak2 "orang gila" juga agak lucu2 gmn gt. hwehehehe.....

Udah puas godain mbak2 yg tadi (setelah dikasih roti jg sm ibu2), "orang gila" tadi jongkok n diem gt. Trus tau2nya dia ngeliat ke arah warung tempat gw dan anak2 nongkrong yang ada di seberangnya, trus nyamperin. Asli serem banget......

Pas udah deket n kita2 udah pada panik semua (temen gw sampe udah ada yg mau mukul tu bapak pake botol minuman), tau2 dia ngomong "Klen anak sekolah ya? Ngapain klen sekolah? Anak aku juga lagi sekolah, tapi dia dipenjara! Untuk apa klen sekolah?". Gw dan yg laen cuma diem. Asli diem. Gw kaget tu bapak kenapa tiba2 ngomong gt. Trus abis ngomong2 kaya gt, dia diem, trus dia kaya bisik2 sendiri gt ga jelas. Gw gatau dia ngomong apa, ga kedengeran. Abis itu dia tiba2 megang tangan gw (kebetulan gw bediri paling pinggir) dan trus ngomong, "udahlah dek, ngapain kau sekolah? udah banyak orang pinter di Indonesia ni. mending ga sekolah tapi jadi orang baek, daripada jadi orang pinter tapi ga baek.....". Kira2 begitu lah isi teriakan si bapak dengan logat Sumatera-nya.

Setelah itu dia pun pergi.......

Kata2 yg diucapin sama si bapak membekas di dalam diri gw sampe sekarang. Dan kata2 itu makin gw ingat akir2 ini, apalagi setelah ngeliat tentang berita si Ibu Menteri. Keputusannya udah bikin orang Indonesia kaya terpecah jadi 2 kubu gt, Pro Ibu Menteri dan Kontra Ibu Menteri. Sampe ada yg ngait2in kasus ini tu kaya kasusnya Bapak Habibie dulu. Yang pro bilang, Indonesia tu ga ngehargain orang pinter lah, Indonesia ga butuh orang pinter lah, apa lah..... Nah, yang kontra lebih bikin bingung lg, ada yg bilang dia agen neolib lah, antek2 barat lah, pergi ngelepasin tanggung jawab lah, bla bla bla......

Terlepas dari keputusan si Ibu bener ato ga, dari kebenaran kata2 orang yg menanggapi berita tersebut lah, ato apa aja yg ada kaitannya sama si Ibu Menteri itu, gw lg2 jadi teringat sama kata2 si Bapak "orang gila". Mungkin emang Indonesia ga butuh orang pinter. Mungkin memang jumlah orang yg pinter (orang yg sekolah maksudnya) udah terlalu banyak. Tapi dari sekian banyak orang pinter yg ada di Indonesia ga ada yg baek. Kalo pun ada tapi mungkin dikit. Jadi, kalo mau maju Indonesia ga usah nyari orang pinter, tapi Indonesia harus nyari orang baek.

Gw ga tau.....
Serius, gw ga tau......

Mungkin kata2 si bapak bener juga.....

Tapi, menurut gw, lebih bagus lagi kalo orang2 pinter yang ada di Indonesia belajar juga buat jadi orang baek. Atau kita ga cuma harus jadi pintar, tapi juga harus jadi baek.

Apakah harus seperti itu????



Yayaya, aku pun tak tau.......

No comments:

Post a Comment